Tips Mengamankan Akun Dropbox

Share:

Topik Terkait

Berbicara tentang penyimpanan masal yang berbasis online, tentunya akan sangat mengganjal jika Dropbox kita abaikan. Menurut sejarahnya, Dropbox didirikan oleh seorang lulusan Massachussets Institute of Technology (MIT) bernama Drew Houston dan Arash Ferdowsi pada tahun 2007. Ada hal unik mengapa Drew Houston mempunyai ide untuk membangun penyimpanan data ini. Ia mengaku dulunya sering lupa dan tidak membawa USB drive miliknya saat masih menjadi murid di MIT. Dari situlah ia kemudian berpikir dan berinisiatif untuk membuat sesuatu agar dirinya terbantu. Seiring berkembangnya waktu, ia baru menyadari bahwa sesuatu yang ia ciptakan tersebut bisa memberikan manfaat untuk orang lain, juga memberikan keuntungan bagi dirinya sendiri.

Dengan bantuan dana yang didapatkan dari Y Combinator di tahun 2007. Dropbox secara resmi diluncrukan ke punlik pada tahun 2008 pada acara konferensi teknologi tahunan dari TechCrunch. Di awal perkenalannya ke publik., Dropbox sudah mendapatkan masalah cukup serius mengenani merek dagang. Oleh sebab itulah dulunya Dropbox memakai getdropbox.com sebagai situs utama mereka sampai di akhir tahun 2009. Seiring berkembangnya Dropbox, mereka berhasil mengambil alih nama domain menjadi dropbox.com hingga saat ini.

Kehebatan dari Dropbox semakin diakui oleh banyak kalangan dikala mereka suksek meraih beberapa penghargaan yang cukup bergengsi dalam dunia teknologi internet. Seperti penghargaan The Crunchie Award sebagai aplikasi internet terbaik di tahun 2009. Namun sayang, kini Dropbox dituding sebagai penyimpanan masal yang tidak aman. Hal ini dikemukakan oleh beberapa orang termasuk pakar software seperti Miguel de Icaza.

Menanggapi hal ini, kita sebagai pengguna Dropbox sepatutnya lebih memberikan keamanan ekstra sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Karena itulah, penulis di sini akan memberikan Tips Mengamankan Akun Dropbox yang sederhana dan mudah sekali untuk anda terapkan terhadap akun Dropbox anda. Berikut ini adalah tutorialnya :

Perketat Verifikasi saat Login

Hal ini sangat jarang dilakukan oleh banyak orang, terutama untuk pengguna gratisan. Padahal dengan menambah verifikasi sebanyak 2 kali ketika login, akun Dropbox kita akan sulit untuk dibobol oleh orang lain. Berikut adalah caranya :

  • Silahkan login ke Dropbox seperti biasanya
  • Klik pada nama akun anda > pilih Settings
  • Klik Security tab
  • Perhatikan bagian account sign-in. Pilih Enable pada Two-step verification
  • Terakhir anda tinggal mengikuri perintah-perintahnya sampai selesai.

Mengaktifkan Notifikasi pada Email

Memang dengan memberikan notifikasi ke email, kita sering merasa terganggu karena setiap login atau terhubungnya perangkat lain ke akun Dropbox, otomatis Dropbox memberikan info melalui email anda. Namun jika kita memilih hal keamanan daripada kenyamanan, lebih baik gunakan saja fitur satu ini.

Memutuskan Akses Perangkat yang Mencurigakan

Setiap ada perangkat yang terhubung ke dalam Dropbox, sistem akan memberikan data secara lengkap siapa saja yang mengakses data anda. Bila ada perangkat atau aplikasi dari luar yang mencurigakan, tidak usah ragu untuk memutusnya dengan mengklik Unlink

Gunakan Password yang Sulit ditebak

Penting namun sering disepelekan. Jangan pernah memasukkan dan memakai password yang mudah. Pakailah password yang cukup sulit untuk ditebak orang lain. Salah satunya adalah menggunakan kombinasi dari angka, huruf dan simbol-simbol unik.

 

Advertisement
Tips Mengamankan Akun Dropbox | Androidmax | 4.5

Berita Lainnya

Kirim Komentar